Friday 31 January 2014

Taste for Your Words Before to Say

Posted by Queen Humaira at 20:20
When I do good, I feel good. When I do bad, I feel bad. That's my religion.
-Abraham Lincoln

Quote dari Abraham Lincoln tersebut rasanya benar sekali.. Belakangan ini aku merasa begitu buruk, perasaanku terasa tidak enak, tidak tenang.. Dan aku yakin perasaan itu pasti timbul karena aku telah melakukan sesuatu yang buruk, entah apa..

Ketika perasaan tak tenang itu mencapai puncaknya, aku mengetik kata-kata Abraham Lincoln tersebut di Twitter, dan kemudian salah satu orang hebat yang aku follow, pak Haidar Bagir, praktisi pendidikan & aktivis, me-retweet kata-kata yang sudah ku tweet dengan menambahkan hadits Nabi; kebaikan adalah apa-apa yang jika kau kerjakan hatimu (menjadi) tenang.

Mungkin pak Haidar mengutipnya dari hadits berikut ini,
 
عن وابصة بن معبد رضي الله عنه قال : أتيت رسول الله صلى الله عليه و سلم , فقال: جئت تسأل عن البر؟ قلت: نعم. قال: استفت قلبك. البر مااطمأن إليه النفس واطمأن إليه القلب. والإثم ماحاك في النفس و تردد في الصدر وإن أفتاك الناس وأفتوك.

Dari Wabishah bin Ma'bad R.A., beliau berkata: Aku datang kepada Rasulullah SAW, kemudian beliau berkata, " Kamu datang untuk bertanya tentang kebaikan?" Aku menjawab, "Benar." Kemudian beliau bersabda, "Mintalah fatwa kepada hatimu. Kebaikan adalah apa saja yang menenangkan hati dan jiwamu. Sedangkan dosa adalah apa yang menyebabkan hati bimbang dan cemas meski banyak orang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kebaikan."
(HR. Ahmad, AtThabrani, dan Al Baihaqi)
 
Ya, pak Haidar benar sekali... Dalam Islam disebutkan jelas sekali,bahwa sumber ketenangan jiwa adalah kebaikan.

Kemudian kucoba mengingat-ingat apa saja yang telah aku lakukan, keburukan-keburukan apa yang telah aku lakukan hingga membuat hatiku tidak tenang, resah, gelisah..

Hingga sampailah aku pada satu kesimpulan, satu kemungkinan.. bahwa.. mungkin aku telah menyakiti seseorang atau bahkan BANYAK orang dengan kata-kataku, dengan LISAN-ku.. Mungkin ada seseorang yang tidak ridha (rela) dengan ucapanku, dan hal itu kemudian menghantuiku, mengirim perasaan buruk..

Ya, sebagai pribadi yang outspoken, aku sangat terbiasa mengeluarkan apa yang ada dalam pikiranku. Begitu pun tentang apa yang kupikirkan tentang seseorang, dengan mudahnya aku ucapkan langsung ke orang yang aku maksud. Dan sangat BISA JADI ada yang tersakiti dengan kata-kataku. Menyakiti hati orang, melukai perasaan orang, adalah hal yang sangat buruk. Dan jangan-jangan, hal itu pula lah yang kemudian membuatku merasa buruk. Then, I feel so bad.

Ada satu proverb yang sangat bagus untuk kujadikan pegangan atau nasihat bagi diriku sendiri, agar kemudian aku tidak lagi melakukan suatu dosa atau hal buruk yang disebabkan oleh lisanku. Menjaga lisan, memikirkan tutur kata ternyata memang penting sekali. Kata-kata yang akan kita keluarkan akan tercatat, kemudian terhisab, dan kemudian akan membawa kita ke salah satu tempat, baik (surga) atau buruk (neraka). Bismillah, mari menjaga lisan..




0 comments:

Post a Comment

 

Queen Humaira Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea